Ojek Hitam -
Rahasia Xiaomi Berani Beri Harga Murah Pada Produknya -
Xiaomi merupakan salah satu vendor Smartphone Android yang berani memberikan harga yang murah pada Smartphone yang diproduksinya, Dengan harga yang murah ini, tentu akan menjadi daya tarik tersendiri bagi calon pembeli, tak jarang pula pasti ada segelintir orang yang meragukan kualitas dari Smartphone keluaran
Xiaomi ini, padahal sebenarnya kualitas dari Smartphone keluaran
Xiaomi ini memang benar-benar bagus, dan dapat dikatakan setara dengan Smartphone keluaran dari vendor lainnya yang memberikan harga lebih mahal.
Ternyata,
Xiaomi memiliki rahasia tersendiri kenapa mereka berani memberikan harga yang lebih murah ketimbang Smartphone lainnya dengan kualitas yang sama, Seperti kami kutip dari Kompas (01/6/2015), Wakil Global
Xiaomi Hugo Barra mengatakan "Kami punya hubungan erat dengan para pemasok komponen" ungkapnya saat berbicara dalam acara Code Conference, AS, minggu lalu.
Maksud ucapan dari Barra tersebut ialah posisi
Xiaomi yang telah tumbuh menjadi salah satu pabrikan besar dunia, memungkinkannya untuk mendapatkan harga yang '
murah' dari para pemasok komponen. perlu kita ketahui juga,
Xiaomi sekarang merupakan klien terbesar ketiga untuk produk-produk
chip buatan Qualcomm.
Namun, salah satu hal terpenting adalah dengan tidak langsung meraup profit terlalu cepat. Barra mengaku pada masa-masa awal kehadiran
Xiaomi dipasaran,
Smartphone yang dijual tidak menghasilkan keuntungan.
Lama-kelamaan, produk yang telah lama dipasaran selang beberapa lama akan menjadi lebih murah untuk diproduksi, maka Margin pun meningkat.
Pada satu titik, saat margin melesat tinggi,
Xiaomi biasanya akan menurunkan atau memangkas harga jual produk yang bersangkutan jelang akhir siklus hidupnya dipasaran.
Xiaomi sendiri tumbuh besar akibat penjualan produk di level harga hanya sedikit lebih tinggi ketimbang biaya produksinya. Profit rendah ini diperoleh dengan menjual bermacam jenis produk, Strategi satu ini terbukti ampuh dan mampu menumbuhkan basis komunitas fans
Xiaomi yang loyal terhadap brand.
Tak hanya sampai disitu,
Xiaomi juga memotong ongkos pada penyaluran produk dengan melakukan pemasaran
online secara eksklusif selama periode yang telah ditentukan, Margin paritel dan distributor pun bisa dihilangkan dari komponen biaya.
Flash sale online ini biasanya dilakukan
Xiaomi pada saat meluncurkan produk barunya di sebuah wilayah pasar yang telah ditentukan, termasuk Indonesia juga ada didalamnya. Terakhir,
smartphone baru mereka seri
Mi 4i langsung ludes terjual lewat Flash sale ini, hanya dalam hitungan 11 menit.
Semoga Bermanfaat.
sumber: Kompas & CNet